in

10 Tempat Ngopi di Medan Layak Direkomendasikan

Belum lengkap ke Medan kalau belum ngopi. Berikut 10 tempat ngopi di Medan yang layak direkomendasikan untuk Anda, terutama bagi wisatawan yang sedang menikmati hari-hari santai di kota yang dulu dijuluki Parij van Sumatra ini.

Seperti ditulis dalam sejarah, pada abad ke-18, Medan dikenal sebagai pusat pemerintahan dan perdagangan. Sejak saat itu sampai sekarang, kopi telah menjadi salah satu komoditas ekspor dari Sumatra.

Kopi dari berbagai kabupaten di Sumatera Utara dan Aceh, diekspor dari pelabuhan Belawan. Perdagangan kopi juga membawa budaya kopi di kota. Tak heran, ada begitu banyak tempat kopi di Medan yang menyiapkan kopi Sumatera berkualitas terbaik.

Di sini kami akan memandu Anda untuk mengunjungi tempat ngopi di mana Anda dapat menikmati kopi Sumatra yang gurih, seperti kopi Mandheling, Sidikalang, Lintong bahkan lebih banyak kopi Gayo. Menariknya, saat ini masyarakat setempat lebih antusias dengan kopi; dari memanggang (roasting), menyeduh dan menciptakan konsep kopi yang bervariasi untuk memicu lebih banyak orang minum kopi.

Ok, kami tidak akan membiarkan Anda menunggu terlalu lama. Di sini kami memilih 10 tempat kopi yang harus anda kunjungi saat berwisata di Medan. Silakan nikmati waktu kopi Anda!

Kedai Kopi Apek
Jalan Hindu, Kesawan Medan
Tidak ada Wi-fi

Kedai Kopi Apek adalah salah satu tempat kopi tertua di Medan. Ditemukan oleh Thaia Tjo Lie (Apek) dan istrinya Lee King Lien pada tahun 1922. Dalam istilah lokal, tempat seperti Apek disebut “kopitiam” atau “kedai kopi” yang berarti tempat di mana orang memiliki kopi di pagi hari setelah sarapan pagi.

Kedai kopi Apek memadukan arabika dan robusta dan menyeduh kopi secara tradisional dengan menggunakan saringan kopi yang terbuat dari kain kasa. Kopi diseduh dengan menggunakan air matang. Jadi, aroma kopi akan menyebar luas saat pembuatan bir. Orang biasanya minum kopi di pagi hari di sana. Apek juga menyiapkan roti panggang, telur rebus dan Anda juga bisa memesan mie goreng dari beberapa warung makan di seberang jalan. Baru saja disebut dengan suara keras, “Saya ingin mie goreng!” Tidak apa-apa…

Tapi, Anda harus mencatat bahwa Apek hanya buka dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang. Sebagian besar pelanggan datang pagi sebelum pergi kerja. Dan, maaf tidak ada koneksi wi-fi di Apek.

Macehat Coffee
Jalan Karo No. 20
Wifi gratis

Tempat kopi yang terletak di Jalan Karo 20 Medan ini diberi nama Macehat, merupakan singkatan dari makanan, cepat dan sehat. Macehat adalah salah satu perintis kedai kopi spesial di Medan sementara memanggang kacangnya sendiri setelah membeli dari petani. Mereka mengolah green bean dari petani di dataran tinggi Karo dan dipanggang berdasarkan kebutuhan konsumen. Dan, coba tebak? Banyak orang datang ke Macehat untuk menikmati espresso yang enak dan kemudian minuman khasnya disebut Avocado Coffee.

Tiptop
Jalan Ahmad Yani, Kesawan Medan
Tidak ada wi-fi

Sebenarnya, Tiptop adalah restoran, tapi tempat itu sering dipilih untuk memiliki kopi lokal. Seperti kedai kopi Apek, Tiptop juga dikenal sebagai warisan budaya kopi dan kuliner Medan. Restoran ini dibangun pada tahun 1920-an. Dulu, pejabat pemerintah di penjajahan Belanda sering pergi ke Tiptop untuk makan siang, makan malam dan sering menghadiri pesta minum teh atau kopi.

Saat ini, warga lokal dan wisatawan pergi ke sana untuk tujuan yang sama namun dengan nuansa nostalgia era kolonial. Orang yang menikmati kopi dengan kopi robusta dari Sidikalang (salah satu kabupaten di Sumatera Utara). Tapi, tidak ada wi-fi gratis di sana.

Anonimo Coffee
Jalan Amir Hamzah No 219
Wi-fi gratis

Anonimo Coffee menawarkan rasa kopi Sumatera, khususnya Mandheling dan Gayo. Kedai kopi ini mengadaptasi konsep taman, menggunakan mesin espresso dan manual brewing seperti V60, chemex dan aeropress. Selain menyediakan makanan, pada hari-hari tertentu, terutama pada akhir pekan, Anonimo menghibur tamu-tamunya dengan sajian live music.

Waknoer
Uskup Agung Street
Wifi gratis

Jika Anda ingin memiliki waktu minum kopi di pusat kota Medan, namun tanpa lalu lintas macet dan polusi kota lain, maka Waknoer adalah tempat yang tepat untuk dipilih. Waknoer seperti rumah dimana Anda bisa menikmati kopi dengan percakapan pribadi atau kesepakatan bisnis.

Bagaimana dengan kopi? Tentu, Waknoer menyiapkan kopi spesial dari Sumatra seperti Mandheling dan Gayo yang diseduh dengan mesin espresso dan bir khusus seperti menuangkan V60 atau chemex. Jika Anda perlu makanan, cukup memesan makanan barat, oriental, atau lokal, atau paling tidak kue untuk roti.

Repvblik Kopi
Jalan Setia Budi
Jalan Pemuda
Wifi gratis

Repuvblik Kopi mengadaptasi konsep lama kopitiam di Medan seperti Kedai Kopi Apek dan Tiptop. Ini menggabungkan gaya vintage kedai kopi lokal dengan arsitektur seni Nuovo yang dibawa oleh penjajah Belanda pada abad ke-18. Jadi, itu sebabnya bangunan tidak menggunakan AC karena bangunan itu sendiri memiliki plafon tinggi.

Repvblik Kopi menyeduh kopi dari berbagai daerah di Sumatra, antara lain dari Sidikalang, Lintong dan Gayo. Repvblik juga memiliki racikan sendiri (house blend) yang merupakan penggabungan (blending) kopi dari asal berbeda. Kopi di sini diseduh menggunakan mesin espresso dan saringan kopi, ibrik, French press dan Vietnam drip. Ingat, tidak ada makanan berat selain cemilan teman ngopi, seperti telur ayam kampung setengah matang, pisang goreng dengan karamel dan roti panggang.

Morning Glory Coffee
Jalan Amir Hamzah
Wifi gratis

Morning Glory Coffee menggabungkan kedai kopi dan spa. Itulah sebabnya para wanita senang menikmati waktu di tempat ini. Selain itu, ada beberapa menu makanan untuk makan siang dan makan malam. Kualitas kopi di tempat ini tak perlu dikhawatirkan. Mengapa? Sebab, kopi adalah merek dagang dari tempat ini. Selain resep standar seperti espresso, cappuccino, latte, orang mungkin memesan minuman lain seperti jus buah.

Desain interior Morning Glory Coffee menggabungkan budaya dan arsitektur modern Bali. Dengan suasana kopi yang ditawarkan, tak heran jika tempat ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk pertemuan, percakapan pribadi atau acara hanya untuk menikmati waktu menyendiri.

The Thirtysix Coffee
Jalan Multatuli 36
Wifi gratis

Seperti namanya, The Thirtysix Coffee terletak di Jalan Multatuli 36. Tidak perlu khawatir, bahwa ini adalah salah satu kedai kopi spesial di Medan yang menyajikan kopi spesial kepada pelanggan mereka. Thirtysix memproses kopi mereka sendiri setelah membeli dari petani atau pedagang kopi.

Coffee shop ini menyediakan biji kopi dari berbagai daerah di Sumatera, seperti Gayo, Mandheling, Simalungun dan tempat lain di Indonesia. Tidak hanya kopi, Thirtysix juga menyiapkan makanan barat, makanan Asia, aneka makanan ringan dan … bir.

Hampir sama seperti Waknoer, konsep Thirtysix seperti rumah. Menikmati kopi seperti di rumah. Ada juga area terbuka di halaman belakang tempat kopi, di mana orang dapat dengan bebas menikmati waktu mereka untuk merokok dan musik.

The Coffeenatics
Jalan Cik Ditiro
Wifi gratis

Mengadaptasi budaya kopi dari Australia, Coffeenatics menawarkan konsep kopi berbeda yang sebelumnya ada di kota Medan. Tempat kopi membawa konsep kopi tingkat lain untuk orang-orang yang ingin menikmati waktu minum kopi seperti di Australia.

Jadi, jika Anda masih merasa jetlag, Anda harus datang ke Coffeenatics dan memesan espresso, cappuccino, latte yang menggunakan kacang dari Afrika, Brasil atau Toraja (Sulawesi). Selain itu, ada begitu banyak makanan barat yang bervariasi untuk dipilih di sini.

Opal Coffee
Jalan Amir Hamzah
Wifi gratis

Opal Coffee dimiliki oleh eksportir kopi di Medan, bahkan di Indonesia yaitu PT. Sari Makmur. Jadi, banyak orang berpikir bahwa kedai kopi Opal seperti showroomnya kopi, namun nyatanya memang demikian. Opal menyiapkan kopi berkualitas terbaik dan menyiapkan makanan untuk makan siang dan makan malam.

Opal lebih tinggi standarnya baik dari sisi menu maupun harga. Tapi, tidak masalah, jika harga bukan masalah untuk Anda, Opal adalah salah satu tempat kopi yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Medan.

Tidak hanya itu, di sini pengunjung juga dapat singgah di galeri kopi yang mengekspos beberapa varian biji kopi dari banyak perkebunan kopi di Indonesia. Jadi, di kopi Opal Anda akan memiliki kopi yang bagus, juga mendapatkan wawasan seputar kopi.

Penulis, editor, blogger, founder Blogger Medan Community, tinggal di Medan. Bermain gitar klasik di waktu senggang, penikmat manual brewing coffee. Dapat dihubungi via email tonggo17@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagaimana Mengoptimalkan Website Perusahaan

Demi Festival Kopi Kelas Internasional, Katanya…