in

Bagaimana Mengoptimalkan Website Perusahaan

Di era digital ini, website perusahaan menjadi penting. Selain sebagai media promosi, website perusahaan juga berfungsi sebagai toko online. Meski demikian, diperlukan cara tertentu untuk mengoptimalkan website perusahaan agar berfungsi sesuai yang tujuan website itu didirikan dari awal.

Sudah menjadi penyakit lama bagi perusahaan ketika mendirikan website perusahaan, namun membiarkannya begitu saja. Tanpa melakukan apa-apa terhadap website itu, ironisnya, sang empunya perusahaan berharap website itu dikunjungi warga dunia maya (netizen) dan website itu bisa nongol di halaman pertama mesin pencari Google, Yahoo maupun Bing.

Hanya keajaiban yang dapat mewujudkan itu. Setidaknya, diperlukan berbagai upaya agar website itu muncul di halaman pertama mesin pencari sehingga dikunjungi banyak orang, sehingga konten dalam website tersampaikan kepada netizen.

Berikut beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan website perusahaan Anda:

Update Konten Secara Rutin

Mengapa update harus dilakukan secara rutin? Karena update yang sekali lalu dibiarkan begitu saja tidak akan memberi apa-apa kepada mesin pencari. Karena itu, website harus diasup dengan konten-konten yang relevan dengan website. Apabila misalnya website itu adalah milik perusahaan biro perjalanan, maka website tersebut harus rutin diupdate dengan konten berkaitan dengan pariwisata, mulai dari paket perjalanan wisata, tips wisata dan info-info promo dan kegiatan terkini perusahaan itu.

Pengertian rutin dalam konteks ini ialah, updating konten website minimal sekali dalam seminggu. Semakin sering, semakin baik. Misanya, satu konten per hari atau lebih. Aktivitas website yang aktif akan dikenali mesin pencari dan akan mendapat ranking berdasarkan konten website.

Gunakan SEO Tool di Website

Bila website perusahaan tersebut menggunakan CMS WordPress, maka dapat menggunakan plugin SEO, seperti All in One SEO Pack atau SEO by Yoast. Kedua plugin SEO ini juga menyediakan layanan premium dengan tool SEO yang lebih lengkap. Sebenarnya, ada beberapa plugin SEO untuk WordPress, tinggal pilih sesuai dengan keinginan. Keuntungan menggunakan plugin SEO, administrator website dapat menganalisis kualitas konten sebelum dipublikasikan, baik dari sisi tingkat peluangnya untuk terindeks dengan baik oleh mesin pencari sesuai kata kunci pencarian yang akan ditargetkan.

Misalnya, jika perusahaan ingin menyasar kata kunci “pariwisata Danau Toba”, maka SEO tool ini dapat membantu admin untuk menganalisis kualitas konten sesuai dengan kata kunci tersebut. Selain itu, tools ini juga akan membantu menyampaikan konten ke mesin pencari, sehingga akan lebih cepat dikenali dan terindeks di halaman pertama.

Manfaatkan Media Sosial

Gunakan media sosial untuk menyebarkan link konten website perusahaan Anda. Mengapa harus media sosial. Karena media sosial ibarat pasar atau mall di dunia netizen. Dengan membagikan link di media sosial, sama dengan memberitahu orang-orang mengenai informasi yang dipublikasikan di website. Dengan begitu, mereka akan mengunjungi website dari media sosial secara langsung. Gunakan media sosial yang sesuai dengan segmentasi perusahaan. Facebook merupakan media sosial yang masih digunakan netizen dari berbagai kalangan usia. Sedangkan, Instagram kini semakin populer karena mengutamakan foto sebagai media.

Beriklan

Beriklan? Ini adalah cara yang paling mujarab meski harus mengeluarkan biaya tambahan. Misalnya memasang iklan di Google Adwords, media sosial Facebook atau Instagram. Dengan menggunakan kata kunci tertentu, website yang diiklankan akan muncul di halaman pertama mesin pencari dengan kode “iklan” atau “sponsored” di media sosial. Keuntungannya, peluang diketahui banyak orang akan semakin besar ketika beriklan di Google atau media sosial.

Memanfaatkan Situs Market Place

Situs toko online atau market place seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, Traveloka dan sejenisnya dapat disinergikan untuk mengoptimalkan website perusahaan. Caranya, membuka akun di situs tersebut dan menjual produk dan manautkan profil perusahaan dan link website perusahaan di sana. Untuk mencaritahu kredibilitas sebuah perusahaan, konsumen biasanya akan mencaritahu profil perusahaan penjual dan bukan tidak mungkin akan menjelajahi hingga ke website perusahaannya. Ini akan memberi efek kunjungan ke website dan akan meningkatkan kredibilitas website tersebut.

Bergabung di Komunitas Online

Bergabung di komunitas online, seperti grup Facebook, bukan bermaksud untuk menjadi spammer atau hanya penyebar link. Tapi, turut berkontribusi menyebarkan info-info berguna di komunitas tersebut. Semakin bagus kredibilitas di komunitas itu, maka akan berdampak bagus juga terhadap brand perusahaan tersebut.

Penulis, editor, blogger, founder Blogger Medan Community, tinggal di Medan. Bermain gitar klasik di waktu senggang, penikmat manual brewing coffee. Dapat dihubungi via email tonggo17@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Revolusi Industri Musik di Era Digital

10 Tempat Ngopi di Medan Layak Direkomendasikan