in

Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi Band

Media sosial menjadi sangat efektif sebagai media promosi di era digital kini. Salah satunya untuk promosi band. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan saat memanfaatkan media sosial untuk promosi band-mu?

Mempromosikan band semudah mendaftar di akun Facebook? Ah yang benar. Memang, semakin canggihnya teknologi informasi dewasa ini membuat band berpotensi besar untuk populer. Misalnya dengan kehadiran situs jejaring sosial Facebook maupun Instagram di mana kamu bisa mempromosikan band. Tinggal bagaimana melakukannya dengan bijak dan efektif.

Mungkin langkah-langkah yang perlu kamu lakukan pertama kali ialah membuat halaman Facebook Fans. Halaman ini berfungsi sebagai forum diskusi mengenai musik yang masih berkaitan dengan band kamu. Kalau band kamu mengusung genre pop atau rock, sebaiknya lebih fokuslah membicarakan musik pop atau rock di forum tersebut.

Di halaman media sosial ini kamu juga bisa memposting video band kamu baik ketika manggung di sebuah event. Kalau bisa video yang diposting tidak terlalu narsis. Utamakanlah konten musik yang berkualitas. Tiap kali memposting video, sebaiknya dipertimbangkan dulu apakah video itu akan disukai banyak orang atau tidak. Sebab, ini menyangkut reputasi band kamu. Mintalah komentar atau masukan fans mengenai musik kalian.

Selain memposting video, kamu juga bisa membuat stiker gratisan sebagai media perkenalan kepada fans. Umumkan di halaman Facebook Fans bahwa band kamu sedang membagikan stiker band secara gratis. Stiker itu bisa diambil di ‘markas’ di mana band kamu sering ngumpul dan latihan. Hitung-hitung stiker ini sebagai biaya promosi. Siapa tahu lewat perkenalan ini, band kamu semakin dikenal. Apalagi kalau musik kamu berkualitas dan layak diberi pujian.

Setelah kira-kira band kamu memiliki fans yang lumayan banyak, sering-sering umumkan gigs (jadwal konser), kalau bisa yang tidak merepotkan fans kamu. Karena (mungkin) band kamu adalah new comer, sebaiknya jangan repot dulu fans di media sosial dengan harus membeli tiket yang sangat mahal. Kalau pun harus membeli tiket, upayakan bundling dengan merchandise, misalnya, kaos oblong, cd album/single atau stiker. Anggap saja biaya promosi, tidak ada ruginya.

Sering-sering juga memberikan layanan download gratis musik bandmu. Sebisa mungkin selama band kamu masih tahap promosi, bersikap baiklah kepada fans untuk merebut hatinya. Toh, kalau mereka sudah mencintai bandmu, apa pun akan mereka lakukan sepanjang mereka masih bisa menikmati musik bandmu.

Selagi masih mempromosikan diri, sebaiknya jangan dulu beranggapan bandmu sudah tenar dan semua orang sudah mengenal bandmu di media sosial. Ingat, bahwa ada banyak band di luar sana yang mungkin lebih bagus. Jadi, sebaiknya tetaplah bersikap humble dan ramah kepada fans. Sebisa mungkin sapa mereka ketika sedang sepi komentar. Dan, respon selalu bila mereka melontarkan pertanyaan ataupun kritikan.

Setelah sudah merasa akrab dengan fans, cobalah buat show off. Mungkin selama ini mereka sudah penasaran dengan band kamu. Nah, pada ajang show off ini sebaiknya lakukan persiapan yang benar-benar matang agar nantinya para fans menangkap kesan yang tidak mudah dilupakan. Pilih lagu-lagu terbaik untuk dimainkan. Dan sapalah fans Anda sebijak mungkin. Jangan terlalu lebay dan narsis.

Foto: Pexel

Penulis, editor, blogger, founder Blogger Medan Community, tinggal di Medan. Bermain gitar klasik di waktu senggang, penikmat manual brewing coffee. Dapat dihubungi via email tonggo17@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Dia Teknologi Interaktif Terbaru Sony Music Entertainment

Ikuti Tantangan Shopee Indonesia, Hadiah Rp100 Juta Menunggu